Catat! Pakai Knalpot Bising Bisa Kena Denda Rp250 Ribu : Okezone Megapolitan

  • Share

[ad_1]

JAKARTA – Sebanyak 34 kendaraan roda dua (sepeda motor) terjaring operasi Keselamatan Jaya 2021 yang dilaksanakan di sekitar wilayah Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu (18/4/2021) dini hari.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran di depan Pospol Subsektor MH Thamrin depan patung Selamat Datang Bundaran Hotel Indonesia menyebutkan bagi para pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot bising dijerat dengan Pasal 285 Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Dalam pasal 285 ayat 1 UU LLAJ menyebutkan: “Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000, (dua ratus lima puluh ribu rupiah)”.

Sebagaimana diketahui, dalam peluncuran Operasi Keselamatan Jaya 2021 pada Senin (12/4/2021), Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menegaskan akan menindak tindakan yang menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Pihaknya mengerahkan 3.320 personel gabungan dalam operasi Keselamatan Jaya 2021.

“Kegiatan SOTR yang kegiatannya adalah bergerombol melakukan kegiatan kebut-kebutan yang tidak ada nilai ibadah kita akan larang. Tidak ada SOTR, balap-balapan yang begerombol kita akan tindak. Sesuai Surat gugus tugas dan Menteri Agama, lebih baik melaksanakan sahur dengan keluarga inti di rumah, inilah tujuan operasi Keselamatan Jaya,” kata Fadil Imran.

(kha)

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link