Polisi Ungkap Penipuan dari Dalam Lapas di Deli Serdang, Warga Rugi Rp25 Juta : Okezone News

  • Share

[ad_1]

DELI SERDANG – Satreskrim Polresta Deli Serdang berhasil membongkar tiga komplotan sindikat penipuan melalui handphone (HP) yang dikendalikan dari Lapas Kelas 2 B Sidikalang, Kabupaten Dairi.

Satu tersangka diringkus di kediamannya di Dairi, sementara dua tersangka lainnya kini masih mendekam di Lapas Sidikalang.

Terbongkarnya sindikat penipuan yang dikendalikan dari dalam lapas ini berawal adanya laporan korban, Roida Sihombing (35), warga Kelurahan Cemara, Kecamatan Lubukpakam. 

Korban mengalami kerugian hingga Rp25 juta rupiah, usai ditelefon oleh orang dengan suara mengaku keluarganya dan meminta sejumlah uang melalui ditransfer ke nomor rekening bank.

Mendapat laporan dari korban, petugas Polres Kota Deli Serdang melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus satu tersangka, Desmin Parsaroan yang merupakan napi yang baru bebas program asimilasi, di rumahnya di Dairi

Setelah dilakukan pengembangan, polisi akhirnya berhasil mengungkap dua tersangka lainnya, yakni Fendy dan Candra Manik yang merupakan napi yang masih mendekam Lapas Sidikalang.

Dari tangan tersangka, diamankan barang bukti satu unit telefon genggam, kartu identitas diri serta bukti transfer bank.

Baca juga: Aksi Penipuan Modus Catut Nama Bupati Grobogan Marak Terjadi, Sejumlah Pesantren Jadi Korban

Menurut keterangan Kasat Reskrim Polresta Deliserdang Kompol M Firdaus, Selasa (20/4/2021), modus sindikat komplotan ini adalah menelefon korban dan mengaku keluarga korban yang sedang berurusan dengan polisi.

“Pelaku meminta sejumlah uang. Karena khawatir, korban kemudian mentransfer uang yang diminta pelaku ke rekening bank pelaku. Korban telah delapan kali melakukan transfer hingga korban mengalami kerugian Rp25 juta,” ujar Firdaus.

Guna penyelidikan lebih lanjut, tersangka Desmin Parsaroan bersama barang bukti kini diamankan di Mapolresta Deli Serdang. Sementara dua tersangka lainnya akan dilakukan bebas tampung atau penangkapan sesaat keduanya bebas dari penjara. 

(qlh)

[ad_2]

Source link

  • Share