Waspada Dehidrasi saat Puasa, Bisa Rusak Mood : Okezone Lifestyle

  • Share

[ad_1]

KETIKA berpuasa, kita memang rentan mengalami dehidrasi. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan lemahnya tubuh, dan memengaruhi konsentrasi serta mood. 

Hal ini disebabkan karena fungsi kognitif memegang peranan penting dalam mengatur persepsi, cara berpikir, kemampuan mengingat, dan merasakan emosi.

“Ini berpotensi mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk beribadah. 75 persen otak manusia terdiri dari air, apabila tubuh kehilangan sedikitnya 2 persen saja dari jumlah total air dalam tubuh, hal ini dapat mengganggu fungsi tubuh kita, termasuk otak,” kata Psikolog Analisa Widyaningrum saat webinar Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadan bersama AQUA.

Dehidrasi

Ia melanjutkan, berpuasa di tengah pandemi bukan hanya menantang secara fisik, tetapi juga mental sehingga tantangannya lebih besar.

Dilansir dari hasil penelitian tentang Risiko Global 2021, ditemukan bahwa sebanyak 80 persen anak muda di seluruh dunia tercatat mengalami penurunan kondisi kesehatan mental selama pandemi Covid-19.

“Mengakui bahwa pada Ramadan kali ini kita masih menghadapi tantangan secara mental merupakan langkah pertama untuk mengatasi masalah, dan lebih membuka diri untuk melindungi Ramadan kita,” ujarnya.

Menurutnya, selama Ramadan bisa dimulai mencari solusi yang tepat. Salah satunya membangun kebiasaan baik, seperti rajin memenuhi cairan tubuh dengan banyak minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter dalam sehari.

“Membangun kebiasaan baik seperti istirahat secara teratur, mengalokasikan waktu untuk me-time dan beribadah, serta minum cukup air agar tidak dehidrasi dan mengalami penurunan fungsi kognitif,” terangnya.

Sementara itu, Brand Director Danone-AQUA, Intan Ayu Kartika mengatakan, memerhatikan tiga perlindungan untuk memastikan kualitas air minum itu sangat penting.

“Meliputi perlindungan sumber air, perlindungan kandungan mineral alami, hingga perlindungan pada proses produksi yang sama sekali tidak tersentuh tangan manusia, selalu hadir di tengah masyarakat,” katanya.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link