Tantangan Geografis Persulit Vaksinasi COVID-19

  • Share

[ad_1]

VIVA – Program vaksinasi COVID-19 yang dimulai sejak Januari 2021 membawa dampak penting dalam penanganan kasusnya di Indonesia. Meski begitu, pemerintah memiliki tantangan tersendiri terkait pendistribusian vaksin ke berbagai daerah.

Diakui Plt Dir Jend Kemenkes, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, Indonesia berbeda dengan negara lain dalam hal geografis. Dengan kekayaan alam yang dimiliki, Indonesia pun terbagi dalam lebih dari 17 ribu pulau. Perbedaan geografis ini yang memberi kesulitan tersendiri untuk memasok vaksin COVID-19.

“Tantangan geografis, kesulitan-kesulitan ini, mempunyai strategi tersendiri di dalam pelaksanaan setiap program kesehatan, khususnya juga di dalam proses vaksinasi COVID-19,” ujar Maxi dalam acara virtual Technoplast bertajuk Tantangan Distribusi Vaksin COVID-19 ke Pelosok Indonesia, baru-baru ini.

Dengan adanya pengalaman dalam melaksanakan program vaksinasi rutin, Maxi menyebut bahwa itu yang menjadi modal utama untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 dengan aman. Termasuk untuk pemakaian suhu dingin terhadap vaksin COVID-19, yang serupa dengan vaksin pada umumnya.

“Kecuali vaksin tertentu seperti Pfizer itu mungkin kita belum ada pengalaman. Tetapi untuk yang lain sama logistiknya. Cold chain-nya itu di 2 sampai dengan 8 derajat (Celsius),” ucapnya lagi.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link