Dolar AS Melemah Sikapi Kebijakan Bank Sentral Kanada : Okezone Economy

  • Share

[ad_1]

NEW YORKDolar AS melemah terhadap mata uang utama pada perdagangan Rabu waktu setempat. Dolar melemah setelah Bank Sentral Kanada mengisyaratkan kenaikan suku bunga pada 2022 dan mengurangi cakupan program pembelian asetnya.

Indeks dolar terhadap enam mata uang utama pun turun setelah pengumuman dari Bank of Canada tersebut. Dolar AS turun 0,1%, setelah sebelumnya naik 0,24% untuk hari ini.

Baca Juga: Dolar AS Balik Tekan Euro dan Poundsterling

Beberapa analis menilai apa yang diputuskan Bank Kanada dalam memperketat kebijakan moneternya dapat membuktikan perubahan yang terjadi pada bank sentral lainnya. Bank of Canada secara tegas akan menaikkan prospek ekonominya dan mengurangi cakupan program pembelian aset berskala besar sambil mempertahankan suku bunga utamanya tetap stabil.

Alhasil, Greenback pun tercatat kehilangan sekitar 1% terhadap dolar Kanada. Demikian dilansir dari Reuters, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga: Dolar Melemah Terbebani Imbal Hasil Obligasi AS

Sebelumnya, dolar AS telah pulih dari level terendah dalam tujuh minggu terakhir terhadap mata uang utama karena kelemahan di pasar saham yang dipicu meningkatnya kasus Covid-19 di India dan Jepang.

Greenback pun melemah sepanjang April karena suku bunga AS turun dan para pedagang bertaruh bahwa vaksinasi akan membuka pemulihan ekonomi global yang lebih kuat dan mendorong permintaan untuk mata uang yang lebih berisiko dan berimbal hasil lebih tinggi.

Sementara itu, Komite Pasar Terbuka Fed akan melakukan pertemuan dengan Bank Sentral Eropa, dalam membahas kebijakan. Meskipun tidak ada yang diharapkan untuk memberi sinyal perubahan kebijakan sekarang, investor dapat menahan diri dari taruhan besar selama beberapa hari.

[ad_2]

Source link

  • Share