Macam-Macam Olahraga Air Paling Menarik, Apa Saja? : Okezone Sports

  • Share

[ad_1]

MACAM-MACAM olahraga air memang seringkali menarik perhatian masyarakat. Pasalnya tak hanya sekadar melakukan kegiatan olahraga, tetapi kita juga bisa merasakan hal yang mengasyikkan dengan bermain air.

Sama seperti olahraga di darat, macam-macam olahraga air juga dapat menyehatkan tubuh. Misalnya saja, ketika melakukan olahraga renang. Selain bisa merasakan kesegaran air, tetapi dengan berenang kita bisa sambil olahraga karena menggerakan seluruh anggota tubuh kita.

Ilustrasi Renang

Lalu, apa saja macam-macam olahraga air yang sering digemari oleh masyarakat. Bahkan tak jarang olahraga tersebut dijadikan sebuah kompetisi dengan berbentuk turnamen.

Baca juga Macam-Macam Beladiri dan Penjelasannya

Pertama, ada polo air. Jika dalam olahraga darat kita mengenal sepakbola atau basket, maka di air kita akan memainkan polo air. Olahraga ini sangatlah mirip dengan dua cabang olahraga tersebut. Bedanya kita memainkannya di dalam air.

Baca juga Macam-Macam Olahraga Favorit Masyarakat Indonesia, Apa Saja?

Tujuan dari olahraga polo air adalah mencetk gol sebanyak-banyaknya. Tetapi, mereka akan menggunakan tangan untuk mencetak gol tersebut. Sedangkan anggota tubuh kaki akan mengatur diri kita untuk bertahan dalam air layaknya sedang berenang.

Kedua, ada renang indah. Olahraga ini adalah perpaduan antara senam dan renang. Tak hanya dituntut untuk bisa menari, dalam olahraga ini kita juga harus bisa menunjukkan gerakan indah tersebut di dalam air.

Karena itu, olahraga ini akan menuntut kita memiliki napas yang panjang. Sebab, tak hanya harus bisa bertahan di atas air, tetapi ada kalanya kita berada di dalam air untuk menunjukkan gerakan indah pada kaki. Olahraga renang indah ini bisa dimainkan secara solo, duet, atau bahkan sebuah grup.

Selanjutnya ada kano. Layaknya orang sedang naik perahu, kita harus menggunakan dayung untuk menjalankan kano. Akan tetapi, olahraga air ini biasanya tidak banyak melibatkan orang. Setidaknya ada 1-2 orang yang akan menaiki kano.

Kano

Perbedaan olahraga ini dengan dayung terletak pada posisi si pengayuh. Jika dalam olahraga dayung, si pengayuh menghadap ke belakang, maka dalam kano si pengayuh akan menghadap ke arah depan. Nomor yang dimainkan dalam olahraga kano adalah slalom, sprint, dan polo.

Terakhir ada selancar. Jika ada bermain ke pantai dan melihat orang berselancar, maka mereka dapat dikatakan sedang melakukan olahraga air. Olahraga selancar sendiri tidak hanya membutuhkan kekuatan, tetapi juga keseimbangan.

[ad_2]

Source link

  • Share