Geger, Situs Candi Boto Tumpang Ditemukan Warga di Kendal

  • Share

[ad_1]

VIVA – Warga Dusun Boto Tumpang, Desa Karangsari, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal Jawa Tengah, berharap agar situs candi yang ditemukan dan kini sedang digali di desanya, akan dikembangkan menjadi obyek wisata. Dengan begitu, masyarakat setempat bisa lebih makmur.

Harapan itu membuncah setelah Tim Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslitarkenas) Kemendikbud berhasil menggali temuan warga berupa susunan bangunan batu bata yang diduga kuat sebagai candi. 

Bahkan, hasil uji bahan temuan yang dikirim ke dua laboratorium berbeda di Zew Zealand dan Perancis, menunjukkan situs yang kemudian disebut Boto Tumpang tersebut dibuat di era tahun 630 Masehi. Artinya lebih tua dari candi-candi kerajaan Mataram Kuno lainnya yang berada di wilayah Magelang, Klaten, Yogyakarta, Semarang, hingga Dieng Wonosobo.

“Kita memperkirakan tanggalannya dengan dua cara, yaitu secara absolut dan relatif. Untuk absolutnya kita ambil beberapa contoh bahan, lalu kita kirim ke dua laboratorium yang berbeda di New Zealand dan Perancis, maka ketemulah angka 630 Masehi itu,” kata ketua tim Puslitarkenas Agustijanto Indrajaja yang sejak 2019 meneliti bagaimana pengaruh Hindu-Budha masuk ke Jawa Tengah melalui pesisir pantura, Jumat 23 April 2021.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link