Ribuan Santri di Ponpes Krapyak Bersiap Mudik, Begini Tanggapan Kemenag DIY

  • Share

[ad_1]

Laporan Wartawan Tribun Jogja Miftahul Huda

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengimbau agar seluruh komponen masyarakat DIY tidak malaksanakan mudik lebaran di tahun ini.

Namun berdasarkan laporan dari Satgas COVID-19,  Pondok Pesantren (Ponpes) Krapyak Yogyakarta telah bersiap melepas 2.000 santrinya yang ingin mudik.

Kepala Kanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan menegaskan, Kemenag merupakan lembaga vertikal sehingga kebijakan yang akan dilakukan harus berdasarkan menteri agama.

Meski kini Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah meminta supaya ada ruang khusus bagi para santri supaya diperbolehkan mudik, akan tetapi Edhi berpegang teguh menjalankan perintah dari Menteri Agama.

“Belum ada imbauan apa pun.

Kemenag adalah lembaga vertikal, jadi kebijakan harus dari Menteri Agama,” tegas Edhi.

Ia menambahkan, pihaknya baru saja melaksanakan rapat koordinasi antara pimpinan daerah dan para penegak hukum terkait kebijakan pelarangan mudik tahun ini.

Edhi mengimbau agar seluruh komponen mematuhi aturan tersebut tanpa terkecuali, khususnya hal-hal yang menjadi tupoksi Kemenag DIY.

“Jadi kami Kemenag DIY mengimbau dan mengharapkan seluruh komponen masyarakat untuk tidak mudik,” pungkasnya. (Tribunjogja.com )

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Ribuan Santri di Ponpes Krapyak Yogyakarta Bersiap Mudik, Kemenag DIY Tegaskan Jangan Mudik



[ad_2]

Source link

  • Share