Satu Anggota Brimob Gugur dalam Baku Tembak dengan KKB Papua : Okezone Nasional

[ad_1]

ILAGA – Kontak senjata antara pasukan keamanan dari TNI – Polri yang tergabung dalam Tim Satgas Operasi Nemangkawi dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) atau yang kerap mengklaim diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Lekagak Telenggen kembali terjadi di wilayah Distrik Ilaga Utara kabupaten Puncak Papua, Selasa (27/4/2021) sekitar pukul 08.00 WIT.

“Kontak senjata terjadi pada hari ini Selasa tanggal 27 April 2021, sekitar Pukul 08.00 Wit, bertempat di sekitar Markas Lumawi, Kamp. Makki, Distrik Ilaga utara, Kab. Puncak telah terjadi Kontak tembak, antara Tim Satgas Ops Nemangkawi Polri & TNI dengan kelompok KKB pimpinan Lekagak Telenggen,” sebut sumber MNC Portal Indonesia.

Baca Juga:  Kontak Senjata dengan KKB, 3 Anggota Satgas Belukar Dikabarkan Tertembak

Dalam kontak tembak tersebut, seorang anggota Brimob gugur di medan tugas. Anggota Brimob yang tewas bernama Bharada Komang sedangkan dua anggota polisi lainnya dilaporkan luka-luka. Korban luka masing-masing Ipda Anton Tonapa, Danton Bravo 9 Belukar, korban mengalami luka tembak pada bagian bahu dan Bripda Wily, korban mengalami luka tembak pada bagian paha atas.

Sementara itu 5 anggota KKB dilaporkan tewas dalam kejadian tersebut. Hingga saat ini, dari informasi yang didapatkan dari lokasi kejadian, aparat keamanan gabungan Polri dan TNI masih melakukan upaya Evakuasi, oleh helli Karakal dari Bandara Ilaga menuju TKP di Kamp. Lumawi, untuk dievakuasi ke Bandara Timika.

“Masih terus diupayakan evakuasi, belum bergerak karena heli Karakal masih ditembaki oleh kelompok KKB dan sementara masih standby di Bandara Aminggaru Ilaga untuk melakukan evakuasi lanjutan.” Ujar sumber MNC Portal Indonesia.

Baca Juga:  Breaking News: Baku Tembak dengan Satgas Nemangkawi, 5 KKB Dikabarkan Tewas

Rencana alternatif akan dilakukan evakuasi melalui jalan darat menggunakan kendaraan roda empat, apabila heli Karakal tidak bisa tembus masuk ke Markas Lumawi.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri yang dikonfirmasi membenarkan telah terjadi kontak senjata yang menyebabkan seorang prajurit Brimob Polri Gugur dalam kejadian tersebut yang terjadi di dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

“Ia betul telah terjadi kontak tembak pada hari Selasa, seorang satu anggota Brimob yakni Bharada I Komang meninggal, sedang dua lainnya terluka. Untuk Proses evakuasi saat ini sedang berlangsung,” kata Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Fakhiri mengatakan, baku tembak antara TNI-Polri dengan KKB terjadi sekitar pukul 11.30 WIT, namun saat ini pengejaran masih berlangsung. “Belum bisa dipastikan itu dari kelompok mana, karena anggota masih melakukan pengejaran dan sebagian melaksanakan evakuasi korban,” ujar Fakhiri.

(Ari)

[ad_2]

Source link