Penderita Diabetes Wajib Merencanakan Susun Perencanaan Puasa, Perhatikan Makanan Sahur dan Berbuka

[ad_1]

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Puasa selama Ramadan telah teruji memberikan efek positif pada kesehatan.

Namun untuk penderita diabetes, dokter menyarankan agar membuat perencanaan saat berpuasa guna mencegah munculnya penyakit lainnya.

Diabetes menjadi satu di antara penyakit mematikan karena kerap memicu komplikasi. Kadar gula yang tidak stabil karena pola makan yang berubah bisa menyebabkan kerusakan organ dalam.

Kondisi ini membuat ibadah puasa memiliki risiko tersendiri bagi penderita diabetes.

Baca juga: Potensi Gangguan Mata Pada Penderita Diabetes

Baca juga: Ahli Gizi : Kebutuhan Nutrisi antara Orang yang Berpuasa dan Tidak Berpuasa Tetap Sama

Perubahan pola makan selama bulan Ramadhan bisa memicu kenaikan kadar gula dalam darah.

Untuk itu, penderita diabetes dianjurkan menjaga asupan makanannya selama bulan Ramadhan agar terhindar dari risiko retinopati diabetik.

Perencanaan berpuasa menjadi kunci bagi penderita diabetes agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa dan terhindar dari risiko penyakit lanjutan lainnya.

Tips kesehatan untuk meminimalisasi risiko komplikasi virus Corona adalah dengan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.
Tips kesehatan untuk meminimalisasi risiko komplikasi virus Corona adalah dengan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. (Shutterstock)

Hal ini disampaikan oleh Dr. Suharko Soebardi, SpPD – KEMD, Internist layanan kesehatan JEC Eye Hospitals and Clinics, ia menjelaskan pentingnya berkonsultasi dengan dokter ahli agar kondisi penderita terus terpantau.

“Tujuannya termasuk memastikan sejauh mana batasan berpuasa yang memungkinkan,” ungkapnya saat JEC Eye Talks Virtual, Selasa (27/04/2021).



[ad_2]

Source link