Teror KKB Meningkat, Moeldoko: Pemerintah Akan Lanjutkan Dialog : Okezone Nasional

  • Share

[ad_1]

JAKARTA – Kepala Kantor Presiden (KSP) Moeldoko menilai penegakan dan penghormatan HAM amat penting untuk penyelesaian konflik di Papua. Termasuk serangkaian teror yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Moeldoko menuturkan, pemerintah akan berupaya melanjutkan dialog dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama sampai akademisi untuk menyelesaikan konflik teror yang dilakukan KKB.

“Saya sering sekali menerima tokoh masyarakat Papua, baik itu dari kelompok akademisi, tokoh tokoh budaya,tokoh agama tokoh masyarakat, sering saya berdialog dengan beliau-beliau yang asli Papua. Untuk itu akan kita lanjutkan persoalan dialog,” tuturnya dalam sebuah webinar, Rabu (28/4/2021).

Dia menjelaskan, dialog perlu dilakukan agar penyelesaian kasus dapat dilakukan dengan cara yang tepat. Tanpa harus lagi mengorbankan lebih banyak pihak.

“Kita menginginkan penyelesaian yang sangat tepat, penyelesaian yang pas tidak mengorbankan banyak pihak,” ungkapnya.

Moeldoko mengatakan, terdapat situasi baru yang saat ini muncul di Papua, yakni KKB mulai berani membunuh warga sipil seperti guru, melakukan pembakaran terhadap sekolah, mengintimidasi masyarakat sehingga masyarakat menjadi keluar dari daerahnya. Menurut dia, ini bisa masuk ke dalam kategori kegiatan terorisme.

“Kegiatannya sudah menjurus pada terorisme karena memunculkan rasa tidak aman, berikutnya rasa takut yang terbangun berlebihan bagi masyarakat karena pembunuhan. Bahkan itu menurut penjelasan Bupati kemarin aneh sudah mulai membunuh warga asli Papua. jadi ada kecenderungan hal-hal baru yang lebih keras sekarang ini,” katanya.

(kha)

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link