Cara Memfoto Bulan Menggunakan Ponsel Android

  • Share

[ad_1]

Cara Memfoto Bulan Menggunakan Ponsel Android

Meskipun Anda mungkin berpikir bulan adalah sebuah objek yang terlalu jauh untuk dapat di photo menggunakan kamera ponsel android Anda, pada kenyataannya Anda tetap dapat memfoto bulan menggunakan ponsel Android,  Asalkan Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan. Untuk membantu Anda berikut ini adalah cara Memfoto Bulan Menggunakan Ponsel Android :

Hal yang Anda Butuhkan Sebelum Memfoto Bulan Menggunakan Ponsel Android

  • Smartphone dengan Pengaturan Mode Kamera Manual: Seperti kebanyakan tutorial fotografi smartphone, memiliki mode manual atau “Pro” di aplikasi kamera smartphone sangat membantu dalam mengambil kendali atas pengaturan individu.
  • Fitur Zoom: Sekarang, sebagian besar ponsel android saat ini hadir dengan banyak fitur kamera dan salah satunya adalah “Telefoto”. Pastikan Anda menggunakan yang ini selama prosedur. Jika ponsel cerdas Anda tidak memilikinya, dapatkan lensa telefoto clip-on dan letakkan di atas sensor kamera. Bagaimanapun, JANGAN menggunakan fitur zoom digital pada kamera ponsel karena akan merusak kualitas foto.
  • Tripod Ponsel (Opsional): Ini opsional karena, pada akhirnya, Anda dapat mengambil gambar ini dengan menggenggam kamera, tetapi selalu lebih baik untuk mengambil gambar agar diambil dengan stabil, terutama yang melibatkan zoom.

Timing Yang Pas

Dalam hal mengambil foto Bulan Purnama, kuncinya adalah timing, jika tidak, Anda tidak akan bisa untuk mendapatkan kesempatan yang sempurna. Ada 2 hal yang perlu diantisipasi dan yang pertama adalah siklus bulan. Bulan memiliki bulan lunar kurang lebih 29 hari dan bulan purnama terlihat pada hari ke-14. Untuk mengetahui apakah akan ada bulan purnama atau tidak, ada banyak situs web dan aplikasi seperti situs yang memberi informasi kapan bulan purnama akan terjadi. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan aktivitas Anda terlebih dahulu. Hal kedua yang harus diantisipasi adalah ramalan cuaca. Meskipun Anda mengantisipasi sudah mengetahui kapan bulan purnama terjadi, Anda tidak dapat mengabadikannya jika tersembunyi di balik awan atau saat hujan. Gunakan aplikasi atau situs ramalan cuaca apa pun untuk melihat apakah akan ada malam yang cerah di area yang ingin Anda foto. Terlepas dari itu, cuacanya tidak dapat diprediksi jadi bersiaplah untuk itu.

Pengaturan kamera saat Memfoto Bulan Menggunakan Ponsel Android

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda perlu memiliki pengaturan manual pada kamera ponsel Anda Anda untuk mengontrol pengaturan individual. Pengaturan tersebut termasuk mengontrol Fokus, ISO, dan Kecepatan Rana. Pengaturan opsional termasuk Aperture, RAW Capture, dan Shutter Timer. Berikut adalah pengaturan yang sesuai dan mengapa harus seperti ini.

  • Focus: Hampir semua kamera smartphone hadir dengan autofokus standar, yang sangat berguna dalam mengambil foto sehari-hari. Namun, dalam kasus ini, fokus otomatis dapat merusak bidikan. Inilah mengapa Anda perlu mengalihkan fokus ke manual dan kemudian mengunci fokus pada tak terhingga. Ini dapat dilakukan dengan memindahkan penyesuaian fokus ke satu titik ekstrim yang memiliki lingkaran tak terhingga atau gambar pegunungan. Ini akan memastikan bahwa bulan fokus sepanjang waktu.
  • Pengaturan ISO: ISO kamera digital menentukan seberapa peka cahaya sensor gambar. ISO adalah pengaturan yang dapat disesuaikan dan semakin tinggi nilainya, semakin sensitif sensor terhadap cahaya. Kebanyakan kamera memiliki ISO awal 100 sementara beberapa bahkan mungkin mulai dari 50. Terhadap langit malam, bulan bersinar terang, yang berarti ISO terendah sudah cukup. Oleh karena itu, pertahankan ISO pada 100 untuk memastikan bidikan bebas noise.
Pengaturan ISO
Cara Memfoto Bulan Menggunakan Ponsel Android 2
  • Shutter Speed: Seperti namanya, ini menunjukkan seberapa cepat shutter kamera dapat membuka dan menutup untuk mengambil gambar. Ini diukur dalam hitungan detik dan kecepatan rana yang direkomendasikan untuk fotografi bulan purnama adalah kisaran cakrawalarafflesia 1/60 hingga 1/125 detik tergantung pada kondisi. Kecepatan rana yang lebih lambat menghasilkan eksposur yang lebih baik tetapi mengorbankan ketajaman dan sebaliknya. Pastikan Anda bereksperimen dan mendapatkan sweet spot dalam rentang yang disebutkan di atas untuk mendapatkan gambar terbaik.
  • Pengaturan Opsional: Selain itu, ada beberapa pengaturan opsional yang dapat membantu membuat proses ini lebih baik. Dimulai dengan Aperture, sebagian besar ponsel tidak memiliki aperture variabel, tetapi pada beberapa flagships Samsung, ini dapat disesuaikan. Pastikan aperture memiliki angka yang lebih tinggi untuk foto yang lebih tajam. Berikutnya adalah pengambilan gambar RAW yang, sekali lagi, tidak ada di semua ponsel tetapi jika milik Anda memilikinya, ini berguna dalam pasca-pemrosesan jadi aktifkan. Terakhir, karena stabilitas itu penting, selalu ada baiknya untuk memiliki pengatur waktu rana kedua agar ponsel tidak goyang saat Anda menekan tombol rana.
  • Mengambil Gambar Setelah semuanya selesai, Anda akhirnya siap untuk mengabadikan bulan purnama. Cukup sandarkan perangkat Anda pada dudukan tripod atau pada apa pun yang kokoh dan pastikan perangkat menghadap ke bulan purnama. Zoom kamera secara optik sedekat mungkin ke bulan untuk mendapatkan detail paling detail dari permukaannya. Setelah selesai, tekan tombol rana dan tunggu kamera mengambil gambar.

Source link

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link