Nadiem Makarim: ‘Riset dan Teknologi Dekat di Hati Saya’

  • Share

[ad_1]

*Ahli Fisika Jadi Kepala Riset

*Bahlil Jadi Menteri Investasi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) yang merupakan Kementerian nomenklatur baru.

Nadiem mengatakan bahwa riset dan teknologi yang kini berada di bawah Kementeriannya bukanlah hal yang baru.

“Riset dan teknologi adalah suatu hal yang sangat dekat di hati saya merupakan suatu hal yang telah saya tekuni sebelum saya melakukan tugas ini di Kementerian Pendidikan Kebudayaan,” kata Nadiem usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu(28/4).

Nadiem bertekad akan menjalankan amanah sebagai Mendikbud-Ristek dengan sebaik-baiknya. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas dalam inovasi, riset, Teknologi di Perguruan Tinggi.

Baca juga: Janji Ngegas Usai Dilantik, Menteri Bahlil Siap Gaet Investasi Rp 900 Triliun

“Ini merupakan suatu tantangan baru yang pasti dan amanah ini pasti akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Dengan disatukannya Kemendikbud dan Kemenristek menurut Nadiem akan memudahkan rektor berkoordinasi dengan pemerintah pusat, terutama dalam transformasi pendidikan di bidang riset.

“Kabar gembira juga bagi para universitas karena sekarang dari sisi riset maupun juga transformasi pendidikan,  ada di dalam satu kementerian, sehingga satu pintu dan rektor juga semakin mudah untuk bisa berkoordinasi dengan pemerintah pemerintah pusat,” ujarnya.

Baca juga: Usai Pelantikan, Bahlil Ungkap Tugas Berat Kementerian Investasi

Selain melantik Nadiem, Jokowi juga mengangkat Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi; dan  Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 



[ad_2]

Source link

  • Share