Produser Film, Bukan Sebatas Penyedia Uang

  • Share

[ad_1]

VIVA – Dalam dunia film, kita tidak asing dengan seorang produser. Mungkin kita mengenal produser adalah seorang yang memiliki tugas menyediakan dana produksi untuk film. Bahkan ada anggapan produser itu bukan seorang film maker layaknya sutradara, DOP, dan lainnya. Namun produser sebenarnya lebih dari itu.

Seorang produser yang baik seharusnya harus terlibat langsung dalam setiap tahapan produksi sebuah film. Hal itu dikarenakan produser ialah orang yang bertanggung jawab atas film yang dibuat. Apabila dianalogikan dalam sebuah klub sepakbola, seorang pelatih adalah produser, sedangkan sutradara adalah kapten yang memimpin di lapangan.

Antara Produser dan Skenario

Dalam proses awal pembuatan film, produser perlu membentuk sebuah tim untuk membuat skenario film atau cetak biru dari film yang akan dibuat. Biasanya proses ini dilakukan dalam sebuah tim yang dikelola oleh produser.

Bagi seorang produser, pembuatan skenario ini mengenai bagaimana menyatukan dan mengkolaborasikan tim advanced yaitu antara produser, sutradara, dan penulis naskah karena mereka memiliki peran cukup penting dalam pembuatan skenario.

Dalam prosesnya, produser perlu mencari dan memikirkan keseimbangan seni dan bisnis. Karena pembuatan film juga ada unsur bisnisnya, di mana kita menentukan pasar massa yang akan dituju dan nantinya disesuaikan dengan tema, alur cerita, karakter dalam sebuah film. Selain itu, tim advanced ini perlu memahami isi skenarionya, dalam artian mereka harus paham bagaimana menceritakan sebuah cerita.

Skenario dalam film merupakan hal yang sangat penting, karena menjadi acuan film apa yang sedang dibuat. Skenario sebisa mungkin harus ditetapkan dan diselesaikan sebelum proses produksi berjalan.

[ad_2]

Source link

  • Share