Kisah PLN Pulihkan Listrik di Pulau Sabu Usai Badai Seroja

  • Share

[ad_1]

VIVA – Perjuangan memulihkan listrik di Nusa Tenggara Timur (NTT) usai badai Seroja sudah hampir tuntas. Dari sekitar 4.000 gardu terdampak dan rusak, kini tersisa kurang dari 10 gardu yang masih padam karena berada di pulau terpencil. 

Supervisor Kantor Jaga PLN Sabu Raijua, Oscarlian Ratu (33 tahun) mengatakan, Badai tropis Seroja telah membuat banyak pohon besar tumbang sehingga halangi akses jalan. Di awal tugas, tim inspeksi harus melintasi pepohonan yang tumbang untuk menemukan titik-titik jaringan yang rusak. 

Oscar bersama tim mendapati bahwa jaringan listrik di Raijua juga tidak dapat beroperasi karena rumah pembangkitan mengalami kerusakan, serta beberapa tiang patah dan ambruk sementara perlengkapan dan material perbaikannya tidak ada. 

“Ditambah lagi kendala belum beroperasinya jaringan telekomunikasi di Sabu saat itu sungguh menyulitkan tim teknis untuk berkoordinasi satu sama lain, serta melaporkan kebutuhan peralatan dan material ke Kupang,” kata Oscar, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 2 Mei 2021.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link