Sudah Vaksin Covid-19 Masih Harus Tes Swab kalau Bergejala? : Okezone Lifestyle

  • Share

[ad_1]

VAKSIN Covid-19 memang menjadi salah satu cara kita bisa selamat ketika terpapar virus Covid-19. Tapi, bukan berarti kita bisa lolos 100 persen dari Covid-19.

Memang, ketika seseorang terkonfirmasi positif ataupun masih terduga, biasanya juga kita diharuskan menjalani tes pemeriksaan Covid-19, baik itu rapid antigen atau swab PCR. Ini juga aturan sebelum dan sesudah melakukan perjalanan, dan aktivitas yang melibatkan interaksi dengan orang lain.

Lalu bagaimana dengan orang yang sudah menerima vaksin dosis lengkap? Pada dasarnya, disebutkan orang yang sudah divaksinasi lengkap tidak perlu menjalani tes kecuali dihadapkan pada kondisi tertentu.

Menyitat Huffingtonpost, sebagaimana dijelaskan oleh Amesh Adalja dari Johns Hopkins University Center for Health Security, kondisi yang pertama ialah ketika memang mengalami sederet gejala dari Covid-19 seperti demam, sesak napas, nyeri otot hingga batuk.

“Anda harus menjalani tes Covid-19 meski usai divaksinasi lengkap adalah jika Anda mengalami gejala yang sesuai dengan gejala Covid-19,” kata Amesh.

Situasi yang kedua, ialah di saat Anda harus melakukan perjalanan atau traveling ke suatu tempat terlebih lagi jika perjalanan tersebut adalah perjalanan internasional. Maka, biasanya seluruh penumpang harus melakukan tes pemeriksaan Covid-19 sebelum diizinkan melakukan perjalanan. Begitu sampai di negara yang dituju, harus tetap karantina mandiri dan kembali dites.

Terakhir, disebutkan Anne Liu, dokter ahli penyakit menular di Stanford Health Care di Palo Alto, California, kondisi khusus ialah ketika orang yang sudah divaksin lengkap ini terpapar dengan seseorang yang terkonfirmasi positif Covid-19, dan berencana mengunjungi anggota keluarga atau kerabat yang masuk dalam kelompok berisiko tinggi.

“Beberapa orang lanjut usia dan orang dengan gangguan kekebalan mungkin tidak merespons vaksin dengan baik. Mereka masih punya risiko yang jauh lebih tinggi untuk tertular virus daripada kebanyakan orang yang telah divaksin lengkap,” katanya.

“Ada banyak virus di luar sana, dan banyak orang tidak divaksinasi dan tetap berisiko terkena Covid-19. Tetap menjalani tes Covid-19, bisa jadi hal yang bijaksana untuk dilakukan,” jelas dokter Anne Liu.

[ad_2]

Source link

  • Share