7 Fakta Puluhan Ribu Peserta Kartu Prakerja Dipecat, Gelombang 17 Dibuka : Okezone Economy

  • Share

[ad_1]

JAKARTA – Setiap peserta Kartu Prakerja yang lolos pendaftaran akan mendapatkan Bantuan langsung Tunai (BLT) atau insentif sebesar Rp3,5 juta. Batas waktu mereka untuk membeli pelatihan daring tersebut ialah 30 hari.

Artinya, bila mereka tetap mengabaikan perintah untuk mengikuti pelatihan, status kepesertaannya akan dicabut dan kesempatan menerima BLT Rp3,5 juta dipastikan melayang. Terkait hal itu, Okezone telah merangkum beberapa fakta menarik, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Belum Beli Pelatihan, 8.000 Peserta Kartu Prakerja Gelombang 16 Terancam ‘Dipecat’ 

1. 35.809 Peserta Kartu Prakerja Sia-siakan BLT Rp3,5 Juta

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahut menerangkan, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memutuskan mencabut kepesertaan sebanyak 35.809 orang

2. 35.809 Peserta, Total dari Gelombang 12 hingga 15

Sebanyak 35.809 peserta Kartu Prakerja yang sudah lolos pendaftaran dari gelombang 12 hingga 15 statusnya dicabut. Mereka ‘dipecat’ dari program tersebut karena tak membeli pelatihan daring selama 30 hari sejak dinyatakan lolos.

3. Ada 8 Ribu Peserta Gelombang 16 Terancam ‘Dipecat’

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tahutu menjelaskan bahwa kurang dari 5 jam sebelum batas akhir pembelian pertama bagi peserta Kartu Prakerja gelombang 16 dan masih ada lebih dari 8.000 orang yang terancam dicabut kepesertaannya.

“Kami mengimbau mereka untuk segera melakukan pembelian pelatihan di salah satu dari 7 platform digital yang dapat diakses melalui dashboard peserta,” ujar dia kepada wartawan di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

4. Dana Peserta Prakerja yang Dicabut Dikembalikan ke Negara

 

Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyatakan, dana insentif para peserta yang gugur itu dikembalikan ke kas negara.

“PMO Kartu Prakerja kemudian memanfaatkan dana insentif yang terkumpul tersebut untuk membuka gelombang selanjutnya, termasuk gelombang 17 nanti,” kata Denni.

5. Kartu Prakerja Gelombang 17 Akan Dibuka

Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 17 akan dibuka. Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyebutkan bahwa belum ada kepastian kapan tanggal pendaftarannya diumumkan.

“Kartu Prakerja gelombang 17 akan memanfaatkan kuota dari peserta yang dicabut jatahnya dari gelombang-gelombang sebelumnya,” ujar Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan dalam dialog online bertema “Prakerja Sudah Sampai Mana?” di Jakarta, Kamis(22/4/2021).

6. Peserta Diberikan Rp1 juta untuk Beli Pelatihan

Jika dinyatakan lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, maka manfaat bantuan pelatihan adalah sebesar Rp1.000.000.

Bantuan untuk pelatihan diberikan secara non-tunai. Dapat cek saldo bantuan pelatihan pada dashboard akun. Pastikan pengecekan dilakukan secara berkala.

 

7. Total Insentif yang Diterima Peserta Pasca Pelatihan

Para peserta akan menerima dana insentif pasca-pelatihan sebesar Rp2.400.000 yang akan diberikan sebesar Rp600.000 selama 4 bulan. Terakhir, Dana insentif pengisian 3 survei evaluasi sebesar Rp150.000 yang dibayarkan sebesar Rp50.000 setiap survei.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link