Anggota DPR Dukung Instruksi Tito ke Daerah soal Kemudahan Perizinan

  • Share

[ad_1]

VIVA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta pemerintah daerah membantu memudahkan perizinan dalam kepentingan investor. Tito menyampaikan hal tersebut saat rapat koordinasi bersama seluruh kepala daerah soal penyelesaian batas wilayah untuk mendukung kemudahan berusaha di daerah pada Jumat, 30 April 2021 .

Terkait itu, sejumlah anggota DPR merespons cara Tito yang dinilai bisa membantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi COVID-19. Anggota Komisi II DPR Fraksi Nasdem, Syamsul Luthfi mengatakan instruksi Tito sesuai arahan Presiden Jokowi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah.

“Merupakan komitmen untuk mendukung pergerakan ekonomi daerah. Penyederhanaan ini diharapkan dapat mendatangkan banyak investor yang mampu menyerap tenaga kerja setempat,” ujar Syamsul Luthfi dalam keterangannya, dikutip pada Senin, 3 Mei 2021.

Menurut dia, pemerintah berupaya mengatur penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah. Salah satunya dengan pelaksanaan secara terintegrasi berbasis elektronik merujuk norma, standar, prosedur, dan kriteria yang ditetapkan pemerintah pusat. 

Dengan demikian, dalam praktiknya nanti akan ada kepastian hukum. Pun, kualitas perizinan yang bisa dipertanggung jawabkan secara transparan, efisien, efektif, dan terintegrasi.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link