Cara Mengaktifkan Fitur Anti Lacak Data di iPhone

  • Share

[ad_1]

56391 ilustrasi iphone

cakrawalarafflesia – Apple telah merilis sistem operasi iOS 14.5 untuk pengguna iPhone. Salah satu fitur yang paling disorot adalah App Tracking Transparency.

App Tracking Transparency adalah sebuah fitur yang membatasi aplikasi agar tidak melacak data pengguna. Aplikasi memerlukan izin pengguna apabila mau merekam data dan bisa menampilkan iklan yang relevan sesuai riwayat klik yang dilacak.

Untuk mengaktifkannya, pengguna mesti memperbarui iOS mereka ke versi 14.5. Pengguna bisa pilih Settings atau Pengaturan > Ketuk General atau Umum > Pilih Software Update > Klik Download and Install.

Jika sudah selesai, barulah mereka bisa menggunakan fitur App Tracking Transparency. Berikut cara mengaktifkannya, sebagaimana dikutip dari Techradar, Senin (3/5/2021).

Baca Juga:
iPhone 12 Mini Gagal, Apple Setia di Posisi Kedua Smartphone Terlaris 2021

Cara Mengaktifkan Anti Pelacak Data di iPhone dan iPad
1. Buka Settings
2. Ketuk Privacy
3. Klik Tracking

Di halaman tracking, pengguna bisa melihat daftar aplikasi untuk menentukan mana yang mau diizinkan atau ditolak. Jika diizinkan, maka aplikasi bisa menampilkan iklan sesuai data yang direkam. Jika tidak, maka aplikasi sama sekali tidak bisa menampilkan iklan yang relevan sesuai klik dari pengguna.

Selain itu, pengguna juga bisa mengecek data apa saja yang direkam dalam aplikasi. Mereka bisa menggunakan fitur iOS 14 lainnya yang disebut privacy labels.

Untuk mengecek, pengguna bisa membuka laman aplikasi App Store dan cari aplikasi yang dimaksud. Setelahnya, ketuk dan gulir ke bawah hingga menemukan bagian Privacy Labels. Di sana akan terlihat semua data yang direkam oleh aplikasi.

Baca Juga:
Pengguna iPhone Bisa Buka Kunci Ponsel Meski Pakai Masker, Begini Caranya

cakrawalarafflesia



[ad_2]

Source link

  • Share