414.774 Kendaraan ‘Kabur’ dari Jakarta Sebelum Mudik Dilarang : Okezone Economy

  • Share

[ad_1]

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) tbk (JSMR) mencatatkan 414.774 kendaraan meninggalkan Jabodetabek menjelang larangan mudik berlangsung. Angka tersebut merupakan kumulatif jumlah kendaraan pada 3 hingga 5 Mei 2021 atau H-3 sampai dengan H-1 jelang larangan mudik lebaran.

Corporate Communication & Community Development Group Head Dwimawan Heru mengatakan, jumlah tersebut merupakan total dari arus lalu lintas (lalin) di 4 Gerbang Tol (GT) utama menuju pintu keluar Jabodetabek. Pertama adalah GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

 Baca juga: Ingat Ya! Jasa Raharja Tegaskan Tak Jamin Korban Kecelakaan Travel Gelap

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 8,9% jika dibandingkan lalin normal,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (6/5/2021).

Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 193.698 kendaraan menuju arah Timur, atau naik sebesar 23% dari lalin normal.

 Baca juga: Siapa Untung Siapa Buntung di Lebaran, Saksikan The Indonesia Economic Club Malam Ini Pukul 21.00 WIB

Adapun rincian distribusi lalin yang menuju GT Cikampek Utama, ada sekitar 110.975 kendaraan meninggalkan Jakarta atau naik sekitar 36% dari lalin normal.

“GT Kalihurip Utama, dengan jumlah 82.723 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 8,8% dari lalin normal,” jelasnya.

Sedangkan untuk kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek lewat barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 133.191 kendaraan. Angka tersebut turun sekitar 1,5% dari lalu lintas normal.

Kemudian untuk arah selata jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 87.885 kendaraan. Angka tersebut turun sebesar 0,4% dari lalin normal.

[ad_2]

Source link

  • Share