Penyebab Overthinking dan Cara Mengatasinya : Okezone Lifestyle

  • Share

[ad_1]

Overthinking atau terlalu banyak berpikir adalah penyebab mematikan dari banyak masalah mental yang juga memengaruhi kesehatan fisik Anda di kemudian hari. Ini mungkin tampak sederhana dan normal, tetapi berdampak besar pada kesehatan mental dan kemampuan fisik seseorang juga.

Seseorang yang terlalu banyak berpikir juga akan merasa lelah secara mental dan fisik sepanjang waktu karena mereka telah mencurahkan seluruh energinya untuk berpikir. Lebih tepatnya, penelitian telah menunjukkan bahwa overthinking malah bikin stres.

Karena itu, Anda tidak lagi dalam posisi untuk tetap produktif, Anda tidak dapat membuat keputusan dan Anda terlalu larut dalam penyesalan dan rasa bersalah.

Dr Anuneet Sabharwal, MBBS, MD Psikiater, Pendiri dan Direktur di The Happy Tree berbicara tentang beberapa alasan umum mengapa orang-orang menjadi overthinking dan bagaimana menghentikannya.

 overthinking

1. Masa lalu

Pikiran manusia menyadari bahwa ketika waktu berlalu, mereka tidak dapat kembali dan membuat perubahan tetapi ketika terlalu banyak berpikir, pikiran manusia langsung mulai memikirkan tentang kejadian-kejadian di masa lalu dan mencoba berbagai pilihan tentang apa yang bisa dilakukan. Ada penyesalan atas beberapa keputusan, kesalahan beberapa tindakan, dan juga kekhawatiran tidak melakukan sesuatu dengan benar.

2. Kehilangan pekerjaan

Ketika pandemi Covid-19 melanda dunia, ada banyak masalah keuangan. Orang-orang kehilangan pekerjaan mereka. Jadi, itu alasan utama untuk terlalu banyak berpikir dan berujung menjadi pribadi yang overthinking.

3. Tidak menghargai diri sendiri

Dengan kehilangan pekerjaan, jelas bahwa orang tersebut akan mulai merasa seolah-olah mereka dalam keadaan tidak baik untuk apa pun. Dan ini menghasilkan pemikiran berlebihan dan perenungan diri.

4. Masa Depan

Merencanakan masa depan Anda baik, tetapi alih-alih terlalu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi selanjutnya, penting untuk memahami bahwa kita hidup di saat ini. Jadi, fokuslah pada apa yang Anda lakukan hari ini.

Sedangkan cara meminimalkan overthinking sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menuliskan perasaan atau pikiran Anda menjadi sebuah jurnal. Anda juga harus melepaskan masa lalu, karena apa yang terjadi di masa lalu bisa menjadi proses pembelajaran agar menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Sekali lagi, berhentilah mengkhawatirkan masa depan. Lakukan hobi atau lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia. Anda juga bisa mengunjungi terapis untuk mengomunikasikan masalah Anda.

(DRM)

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link