Keistimewaan Bulan Ramadan

  • Share

[ad_1]

VIVA – Bulan Ramadan merupakan tamu agung yang Allah Subhanahu wa Ta’ala berikan bagi umatNya yang beriman. Bulan istimewa karena hanya satu bulan di antara 12 bulan yang Allah ciptakan.

Di dalamnya penuh dengan sarana pembelajaran, ampuan dan seruannya pun dikhususkan bagi orang-orang yang beriman. Sebagaimana firma Allah dalam Surat Al-Baqarah: 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Sesungguhnya Allah Ta’ala mengkhususkan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya dengan keutamaan yang agung dan keistimewaan yang banyak. Allah Ta’ala berfirman : “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Karena itu, barangsiapa di antara kamu yang hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu. Dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain” (QS. Al-Baqarah [2]: 185).

Allah Ta’ala dalam firmannya yang mulia itu menyebutkan ada dua keistimewaan pada bulan Ramadan, yaitu:

Pertama, diturunkannya Al-Qur’an di dalam bulan Ramadan sebagai petunjuk bagi manusia dari kegelapan menuju cahaya. Dengan kitab ini, Allah memperlihatkan kepada mereka kebenaran (al-haq) dari kebatilan. Kitab yang di dalamnya terkandung kemaslahatan (kebaikan) dan kebahagiaan (kemenangan) bagi umat manusia, serta keselamatan di dunia dan di akhirat.

[ad_2]

Source link

  • Share