Listrik Tenaga Sampah di Surabaya, Gagasan Risma yang Dipuji Jokowi

  • Share

[ad_1]

VIVA – Presiden Joko Widodo memuji instalasi Pengelola Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang dibangun Pemerintah Kota Surabaya di Kecamatan Benowo yang digagas Tri Rismaharini alias Risma saat menjadi Wali Kota Surabaya.

Jokowi menyebut juga pernah menggagas itu semasa jadi Wali Kota Solo, namun tidak berhasil. Justru Risma yang mewujudkannya. 

“Pengalaman yang saya alami sejak tahun 2008, masih jadi wali kota, kemudian gubernur, kemudian Presiden, tidak bisa merealisasikan pengolahan sampah dari sampah ke listrik, seperti yang sejak dulu saya inginkan di Kota Solo waktu menjadi wali kota,” kata Jokowi saat meresmikan PSEL di Kecamatan Benowo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 6 Mei 2021.

Hadir dalam acara itu sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jatim, dan Wali Kota Surabaya pengganti Risma, Eri Cahyadi. Di acara itu Jokowi juga meninjau langsung instalasi PSEL bekerja mengolah sampah menjadi energi listrik.

Lantas seperti apa cerita PSEL yang dipuji Jokowi itu? 

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link