13 ABK WNA Filipina Positif COVID-19, Ganjar: Saya Belajar dari Ini

  • Share

[ad_1]

VIVA – Sebanyak 13 WNA Filipina yang merupakan anak buah kapal (ABK) yang tiba di Pelabuhan Cilacap terkonfirmasi positif COVID-19. Pra awak kapal tersebut rencananya akan melakukan bongkar muatan gula rafinasi di pelabuhan pada 25 April lalu.

Terkait itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan agar seluruh pemegang otoritas, baik pelabuhan udara, laut, maupun tempat yang menerima tamu, dari negara lain bisa perketat aturan. Ia menekankan demikian terutama untuk negara-negara yang menjadi perhatian dalam kasus COVID-19 seperti India.

Menurut dia, sudah dilakukan koordinasi dengan Balitbangkes terkait tes untuk mengetahui varian virus COVID-19 yang menjangkit 13 ABK WNA tersebut.

“Bupati sudah saya minta agar ada koordinasi antar dinas kesehatan. Kemarin juga sudah saya minta agar dilakukan press release oleh pemerintah Kabupaten Cilacap. Sampai saat ini sudah tertangani,” kata Ganjar di rumah dinasnya, Sabtu, 8 Mei 2021.

Ganjar menambahkan, langkah-langkah penanganan sudah dilakukan sejak laporan masuk pertama kali. Pun, otoritas karantina kesehatan pelabuhan (KKP) kelas II Cilacap juga langsung turun tangan. 

[ad_2]

Source link

  • Share