Menikmati Surga Bawah Laut Bolsel, Banyak Spot Unik dan Menantang : Okezone Travel

  • Share

[ad_1]

KABUPATEN Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara menyimpan alam bawah laut yang keindahannya tak kalah dengan Bunaken. Terdapat banyak spot-spot unik dan menantang yang bisa dinikmati para pecinta selam (diving).

Instruktur selam nasional, Reinhard Garang mengatakan, spot-spot ini berada di area laut lepas, namun memiliki napo alias pulau dalam air yang menarik dan indah. Spot-spot tersebut berada di kedalaman bervariasi mulai dari 12 meter hingga 30 meter.

Baca juga: Optimalkan Potensi Wisata Bawah Laut, Babel Gandeng Pihak Swasta

“Spot-spot cantik ini memang menantang, walau begitu menyelam disini juga aman sepanjang kita patuh pada aturan yang ada,” kata Reinhard Garang yang juga owner dari operator selam di Minanga Diver, Minggu (9/5/2021).

ilustrasi

Terumbu karang di Bolsel (Okezone.com/Subhan)

Keindahan bawah laut Bolsel tak diragukan. Mulai dari kekayaan terumbu karangnya, sampai pada mahluk-mahluk unik mungil yang terdapat di perairan. Segala jenis ikan dapat dijumpai dengan mudah berenang berkerumun di sekitar terumbu karangnya.

Bahkan Anda juga dapat menemukan beberapa spesies unik, seperti pygmy pipehorse atau yang di daerah lain biasa disebut sebagai sea dragon. Selain itu, flamboyant cuttlefish, convict blenny, dan ragam biota laut lainnya dapat dengan mudah dijumpai di sini.

Baca juga: Memburu Keindahan Alam Bawah Laut di 5 Pulau Sulawesi

Schooling jackfish, dogtooth tuna, serta beberapa ikan pelagic lainnya, ditambah dengan soft coral dan hard coral yang warna warni yang masih terjaga bisa di nikmati. Berbagai biota laut, dan keindahan terumbu karang bisa membuat para pecinta keindahan bawa laut enggan untuk pulang.

Dari puluhan spot diving yang ada di Bolsel, ada 10 spot diving yang dipercaya bisa menyihir mata para pecinta diving, yakni spot Kuwait Point, Trans Patoa, Barracuda, Bares, Sakau, Mathilda, Silver Tower, Salema, Okus Wall dan Lion Corner.

Jadi bagi yang tertarik untuk menikmati alam liar yang indah yang masih natural ini, maka siapkan waktu luang yang panjang, pasalnya, jarak tempuh dari Manado ke Molibagu, Bolsel sekitar 5 jam lebih jika menggunakan mobil.

“Tapi hasilnya memang setara dengan waktu tersebut,” ujar Garang.

ilustrasi

Nah, jika berminat, para pecinta selam bisa menghubungi Minanga Diver yang ada di Facebook atau instagram.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link