Rusia Rayakan Hari Kemenangan PD II Lewat Parade Militer Akbar Tradisional di Moskow

  • Share

[ad_1]

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MOSKWA – Parade militer tahunan baru saja diadakan di Lapangan Merah ikonik Moskwa, saat Rusia merayakan kemenangan negara itu atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia (PD) II.

PD II sering disebut Perang Patriotik Hebat di Rusia, sementara 9 Mei adalah salah satu hari libur paling dihormati di negara tersebut.

Dikutip dari laman Russia Today, Minggu (9/5/2021), lebih dari 12.000 tentara berseragam, perwira polisi militer, pengawal nasional, dan kadet berbaris melintasi Lapangan Merah itu pada hari Minggu, sesaat setelah mengheningkan cipta sejenak untuk menghormati jutaan orang yang tewas dalam perang itu.

Baca juga: Dari Bali Hendak ke Mentawai, WNA Rusia & Pacarnya Dicegat di Palembang: Kami Mau Nikah, Bukan Mudik

Namun jumlah peserta parade militer kali ini sedikit diperkecil jika dibandingkan pada tahun lalu saat Rusia menandai peringatan 75 tahun kekalahan Nazi Jerman dan sekutunya.

Presiden Rusia Vladimir Putin pun menyampaikan suka citanya terkait perayaan ini.

“Kemenangan dalam Perang Dunia II ini memainkan ‘peran bersejarah kolosal bagi nasib seluruh dunia’.

Kami akan selalu ingat bahwa rakyat Soviet-lah yang telah melakukan tindakan keberanian yang luar biasa ini,” kata Putin, dalam pidatonya.

Ia mencatat bahwa persatuan dan keberanian warga Soviet pada akhirnya menuntun mereka mencapai apa yang dianggap ‘tidak mungkin’, yakni menaklukkan musuh yang kejam dan secara tegas mengalahkan Nazisme.

Baca juga: Rusia Akan Segera Uji Tembak Sarmat, Rudal Balistik Terbesar di Dunia

Salah satu elemen tradisional yang ada pada parade tersebut adalah Bendera Kemenangan.



[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link