Gempa M 7,2 Guncang Nias, BMKG: Jenis Dangkal

  • Share

[ad_1]

VIVA – Kabupaten Nias, Sumatera Utara diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,2 pada Jumat, 14 Mei 2021. Beberapa gempa susulan sempat terjadi dengan kekuatan 5,2 magnitudo.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa tersebut merujuk lokasi serta kedalaman adalah jenis gempa bumi dangkal.

“Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang berada di zona outer-rise. Hal ini sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki mekanisme sesar turun (normal fault),” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya.

Bambang menjelaskan dari analisis BMKG mencatat dari analisis pihaknya gempa berkekuatan magnitudo 7,2 itu dimutakhirkan menjadi magnitudo 6,7. Gempa memiliki titik koordinat 0,2 Lintang Utara dan 96,69 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 km arah Barat Daya Kota Lahomi, Nias Barat. Gempa memiliki kedalaman 10 km.

[ad_2]

Source link

  • Share