Marc Marquez Pensiun, Akhir Dominasi Pembalap Spanyol di MotoGP? : Okezone Sports

  • Share

[ad_1]

MARC Marquez belum menunjukkan performa brilian di dua race awal MotoGP 2021. Setelah finis ketujuh di MotoGP Portugal 2021, Marc Marquez hanya menyelesaikan balapan di posisi sembilan MotoGP Spanyol 2021.

Akankah Marc Marquez pensiun di akhir tahun ini jika dirinya tak sanggup lagi memenangkan balapan MotoGP 2021? Sekadar informasi, Marc Marquez mengaku akan pensiun dari MotoGP jika tak sanggup lagi tampil kompetitif.

Marc Marquez

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race.

Jika benar Marc Marquez pensiun, akankah sekaligus mengakhiri dominasi rider Spanyol di MotoGP? Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Jika berdasarkan hasil di MotoGP 2020, tentu jawabannya tidak.

Marc Marquez absen di hampir seluruh race MotoGP 2020 karena mengalami patah lengan kanan. Namun, rider asal Spanyol, Joan Mir, yang keluar sebagai kampiun MotoGP 2020. Joan Mir memperpanjang catatan rider Spanyol yang selalu menjadi jawara kelas MotoGP dari 2012 hingga 2020.

BACA JUGA: Marc Marquez Bingung Pilih Lintasan Basah atau Kering di MotoGP Prancis 2021

Namun, catatan Joan Mir saat itu tak terlalu meyakinkan. Bayangkan saja, Joan Mir hanya menang satu kali dalam 14 balapan! Musim ini pun, Joan Mir belum menemukan konsistensi hasil.

Dalam empat race yang dijalani, Joan Mir hanya satu kali naik podium. Selain Joan Mir, tak ada pembalap Spanyol di MotoGP 2021 yang benar-benar menonjol.

Joan Mir

(Joan Mir tampil standar)

Rekan setim Joan Mir, Alex Rins, dikenal kerap tampil inkonsisten karena sering terjatuh. Sementara Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), tidak bisa diandalkan. Sering kali memulai balapan dari baris terdepan, namun Top Gun –julukan Vinales– finis di luar 10 besar.

Karena itu, akankah ini momentum pembalap Italia kembali mendominasi kelas premier? Kelas premier sempat didominasi rider Italia di dekade 2000-an. Saa itu dari 2000-2010, sebanyak tujuh musim di antaranya dimenangkan pembalap asal Italia, Valentino Rossi.

Lantas, siapa pembalap Italia yang mampu mengakhiri dominasi rider Spanyol di MotoGP? Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) bisa diperhitungkan. Saat ini di empat race awal MotoGP 2021, Bagnaia menempati posisi puncak klasesemen sementara dengan 66 poin.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link