4 Alasan Anda Tak Boleh Makan Terlalu Banyak Kelapa : Okezone Lifestyle

  • Share

[ad_1]

KELAPA adalah salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Kelapa bisa kita nikmati air dan dagingnya, bahkan ketika diolah bisa menjadi santan untuk memasak berbagai macam makanan.

Tapi, meskipun kelapa baik dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, tetap lebih baik memakannya dalam jumlah sedang. Terlalu banyak mengkonsumsi kelapa juga dapat berakibat buruk bagi rubuh kita.

Seperti dikutip dari m.dailyhunt, berikut adalah efek dari terlalu banyak makan buah kelapa:

Kelapa

Kenaikan tingkat gula

Salah satu efek samping utama dari makan terlalu banyak kelapa adalah akumulasi gula dalam aliran darah kita karena kandungan gula tinggi yang ada di dalamnya. Dalam 1 ons kelapa, mengandung 2,1 gram gula, ketika kelapa dimaniskan maka bertambah sekira 10,4 gram gula. 

Karena kandungan gula yang sangat tinggi, disarankan untuk makan kelapa dalam jumlah sedang karena terlalu banyak gula tidak baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan risiko diabetes.

Kolesterol 

Makan terlalu banyak kelapa juga bisa sangat berbahaya bagi jantung kita dan meningkatkan risiko kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke jantung, dan detak jantung tidak teratur. Hampir 90 persen dari total lemak yang ada di kelapa adalah lemak jenu, dan makan terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol darah.

Menambah berat badan

Penting untuk dicatat bahwa makan terlalu banyak kelapa dapat menyebabkan penambahan berat badan, karena tingginya jumlah kalori yang ada di dalamnya. Mengonsumsi satu ons kelapa kering tanpa pemanis dapat menghasilkan sekitar 187 kalori dan satu porsi kelapa manis mengandung 129 kalori. 

Selain itu, satu cangkir santan murni menyediakan sekitar 550 kalori yang hampir sepertiga dari total kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita per hari.

Alergi

Kelapa sama sekali tidak cocok untuk individu yang alergi terhadap kacang pohon (seperti kenari, almond, kacang mete dll). dalam beberapa kasus, reaksi alergi ini dapat mengancam jiwa.

[ad_2]

Source link

  • Share