Alwin Jalliyani, Mahasiswa Unpad Pengusaha Konveksi Baju

  • Share

[ad_1]

VIVA – Tidak semua remaja bisa sukses menjadi pembisnis muda dan Khotmannuba Alwin Jalliyani (20) adalah salah satunya. Ia mulai berkecimpung di dunia bisnis sejak ia masih sekolah di tingkat sekolah dasar. Dimulai dengan berjualan tempat pensil custom dan jualan alat sulap yang saat itu sedang ia sukai. Dari hasil bisnis kecilnya ini,  ia berhasil mendapatkan tambahan uang jajan. Saat ini iamemiliki usaha konveksi yang sudah menjual hampir 1500 barang sejak ia memulai bisnisnya.

Trend Bisnis Topi

Saat ini, Alwin sebagai mahasiswa Jurnalistik di Universitas Padjajaran, ia tetap menjalankan bisnisnya meskipun sambil kuliah. Semua bisnis yang ia jalani selalu sesuatu yang ia minati agar tetap happy menjalaninya. Salah satu bisnis yang sedang ia kembangkan adalah Toptopi sejak tahun 2015 dengan slogan “topinya orang Indonesia”. Bisnis ini dimulai pada kegemaran Alwin pada trend topi custom di tahun itu. Dari bisnis dan hobi ini, ia  berhasil menjual  300 topi custom per minggu.

Namun di tahun 2017, trend topi custom mulai menurun, usaha Alwin tidak berhenti sampai disitu. Dirinya berpikir untuk memperluas bisnisnya tidak hanya di pembuatan topi. Sampai suatu hari ia mendapatkan peluang untuk membuat jaket angkatan, dan ternyata hal itulah yang membuat Toptopi kembali bersinar namanya dan Alwin mulai mengembangkan usahanya di bidang konveksi. Sampai saat ini, Toptopi melayani pembuatan baju panitia, organisasi, jaket sampai ke totebag hingga ke merchandise. 

Setelah sukses menjual Toptopi sampai ke luar pulau Jawa, kini harapannya agar Toptopi semakin  melebarkan sayap ke pasar yang lebih luas agar pendapatan pun bertambah. Untuk mencapai harapannya, Alwin memulai dengan membangun sebuah tim untuk membantu membesarkan nama Toptopi, sehingga usaha ini tidak hanya berpusat pada dirinya saja. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa kalau ingin berjalan cepat lakukanlah sendiri, kalau mau jalan jauh lakukan dengan bersama. Pepatah ini yang menggambarkan orientasi Toptopi sekarang yaitu ingin terus jalan jarak jauh.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link