Selama Lebaran Trafik permainan dan Media Sosial Paling Tinggi

  • Share

[ad_1]

cakrawalarafflesia – Trafik data Indosat Ooredoo saat Lebaran 2021 naik 10 persen dibanding hari biasa dan perusahaan mencatat kenaikan drastis layanan gaming, media sosial, serta video call.

Indosat, dalam siaran pers yang dilansir dari cakrawalarafflesia, Senin (17/5/2021) membeberkan bahwa selama Lebaran ada kenaikan layanan mobile gaming sebesar 90 persen, media sosial naik 26 persen, messaging dan video call naik 21 persen, serta streaming video dan musik naik 1 persen.

Penggunaan aplikasi TikTok, Instagram, dan WhatsApp pun meningkat tajam selama masa Lebaran tahun ini, termasuk pemakaian aplikasi permainan daring seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Meski demikian, kenaikan ini sudah diantisipasi sejak awal tahun melalui penambahan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, serta fiberisasi jaringan 4G berkualitas video.

Baca Juga:
Youtube dan WhatsApp Paling Banyak Dibuka Pengguna Telkomsel Selama Ramadan

“Dampaknya adalah lonjakan kenaikan trafik data selama masa Lebaran tahun ini berhasil diimbangi dengan kualitas layanan prima. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-rata menjadi 9 persen lebih cepat dibandingkan hari biasa,” kata Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha.

Di sisi lain, ia menambahkan, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap dijaga di level tertinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital Indosat Ooredoo turun 37 persen di masa Lebaran 2021.

Lebih dari 90 persen tiket pengaduan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam. Jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 juga naik sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa.

Sementara itu, melalui data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, Indosat Ooredoo berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data di masa Lebaran tahun ini khususnya di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tim Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang tergabung dalam Command Center sejak H-4 Lebaran mencatat masyarakat yang tinggal di Aceh, Banjarnegara, Cianjur, Cirebon, Jember, Kisaran Tebing Tinggi, Madura, Pati, Serang, dan Tegal sangat aktif memanfaatkan layanan data yang kualitasnya dipantau terus-menerus selama 24 jam sehari. [Antara]

Baca Juga:
Menkominfo: Penggunaan Data Internet Meningkat saat Lebaran



[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link