Vaksinasi dan Gairah Ekonomi Lampung

  • Share

[ad_1]

VIVA – Resesi ekonomi masih menghantui Lampung, ini tergambar dari pertumbuhan ekonomi triwulan I 2021 yang telah dirilis oleh BPS Lampung. Pertumbuhan ekonomi Lampung kembali mengalami kontraksi 2,01 persen (y-o-y) di triwulan I 2021.

Namun pertumbuhan ekonomi yang terjadi ini sedikit mengalami perbaikan bila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Pada triwulan IV 2020, ekonomi Lampung mengalami kontraksi 2,26 persen (y-o-y).

Kontraksi ekonomi pada triwulan I 2021 ini merupakan yang keempat kalinya terjadi di Lampung.  Kontraksi ekonomi mulai terjadi di Lampung di triwulan II 2020 (3,57 persen y-o-y), seiring dengan pandemi Covid-19 juga mulai melanda Lampung pada saat itu.

BPS Lampung mencatat bahwa sektor transportasi dan pergudangan menjadi sumber utama kontraksi ekonomi Lampung pada triwulan I 2021. Ini mengindikasikan bahwa masih adanya kekhawatiran masyarakat untuk melakukan mobilitas seperti sebelum pandemi melanda Lampung.

Dari sisi pengeluaran, catatan BPS Lampung menunjukkan konsumsi rumah tangga menjadi sumber utama kontraksi ekonomi Lampung di triwulan I 2021. Ini juga mengindikasikan masih ada keraguan bagi sebagian masyarakat Lampung untuk membelanjakan uangnya di tengah kondisi ketidakpastian akan berakhirnya pandemi.

Pandemi telah menurunkan gairah ekonomi Lampung hingga mengakibatkan terjadinya kontraksi ekonomi selama empat triwulan berturut-turut. Keadaan ini turut menjadi penyebab terjadinya resesi ekonomi Lampung hingga saat ini.

Catatan trend pertumbuhan ekonomi Lampung (y-o-y) selalu mengalami kontraksi mulai triwulan II 2020 hingga triwulan I 2021. Walaupun terjadi kontraksi ekonomi, trend pertumbuhan ekonomi Lampung (y-o-y) juga menunjukkan perbaikan di setiap triwulan. Hal ini mengindikasikan adanya secercah harapan bagi Lampung untuk keluar dari jurang resesi.

Vaksinasi yang sedang berjalan saat ini diharapkan dapat mencapai herd immunity. Tujuannya agar masyarakat Lampung tidak lagi cemas akan adanya pandemi. Kepercayaan masyarakat Lampung kembali pulih, sehingga mereka dapat melakukan mobilitas dan aktivitas ekonomi, agar percepatan pemulihan ekonomi Lampung dapat segera terwujud.

Geliat perbaikan ekonomi mulai nampak di berbagai sektor dominan dalam perekonomian Lampung. Sektor industri pengolahan yang menjadi sektor dominan kedua di Lampung tumbuh tipis sebesar 0,02 persen (y-o-y) pada triwulan I 2021.

[ad_2]

Source link

  • Share