Pengamat: MKD Harus Tangani Kasus Azis Syamsuddin secara Transparan

  • Share

[ad_1]

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M Jamiluddin Ritonga menilai seharusnya Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI transparan dan memprioritaskan laporan aduan terkait Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin.

Jamiluddin beralasan selain jabatan yang diampu oleh Azis terbilang mentereng yakni Wakil Ketua DPR RI, kasusnya juga sudah menjadi wacana publik yang kontroversial.

“Kalau tidak memprioritaskan kasus Azis, dikhawatirkan masyarakat akan menilai MKD tidak serius. Bahkan MKD bisa dinilai tidak bernyali memproses kasus Azis,” ujar Jamiluddin, kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Baca juga: Verifikasi Aduan, MKD DPR Bakal Panggil Pihak Pelapor Terkait Kasus Azis Syamsuddin

Menurutnya, apabila kasus Azis dibiarkan berlarut-larut, hal itu akan berdampak kepada DPR RI baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Karena itu, kasus Azis sebaiknya cepat diproses dan diputus oleh MKD,” jelasnya.

Selain itu, dengan diprioritaskannya kasus tersebut, dia mengatakan Azis akan lebih cepat mengetahui statusnya melanggar etika atau tidak.

Dengan begitu, Azis tidak tersandera dengan kasus tersebut.

“Jadi, MKD sudah proporsional bila memprioritaskan kasus Azis. Memproses Azis secepatnya akan baik kepada DPR dan Azis sendiri,” ungkap Jamiluddin.

Meski demikian, Jamiluddin mengharapkan MKD memproses Azis secara terbuka dan transparan. Hal ini diperlukan agar masyarakat nantinya percaya dengan keputusan yang diambil MKD.



[ad_2]

Source link

  • Share