RI Paparkan Isu Strategis di Pertemuan Kemaritiman Asia Pasifik

  • Share

[ad_1]

VIVA – Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Perhubungan menghadiri pertemuan Asia Pacific Heads of Maritime Safety Agencies (APHoMSA) ke-21 yang digelar secara virtual pada tanggal 18–20 Mei 2021. 

Acara yang diikuti oleh 26 negara ini dibuka oleh CEO of Australia Maritime Safety Authority (AMSA), Mick Kinley selaku tuan rumah dan turut dihadiri Secretary General of International Maritime Organization (IMO), Mr. Kitack Lim. 

Pertemuan ini membahas isu-isu strategis bidang maritim di antaranya Women in Maritime (peran perempuan di dunia maritim), keselamatan pelayaran serta kesejahteraan pelaut, perlindungan lingkungan maritim, penanganan musibah di laut, dan kerjasama regional.

Pada kesempatan tersebut, Indonesia berkesempatan untuk menyampaikan isu seputar keselamatan pelayaran dalam hal ini terkait Port State Control Inspection dan peran perempuan di dunia maritim. Pernyataan Indonesia itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo. 

“Indonesia selalu siap dan mendukung program APHoMSA untuk mencapai visi utamanya yaitu menciptakan lingkungan maritim yang aman, terjamin dan bersih di kawasan Asia-Pasifik,” kata Dirjen Agus dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu 19 Mei 2021.

Dia didampingi Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air KPLP, Een Nuraini Saidah, Kasubdit Tertib Berlayar KPLP, Capt. Dedtri Anwar, Kepala Seksi Kecelakaan Kapal dan Pemeriksaan Kapal KPLP, Agus Pujo Imantoro, Kasubbag Kerjasama Luar Negeri, Barkah Bayu Mirajaya, Ketua Umum Women in Maritime (WIMA) Indonesia, Dr. Chandra Motik dan perwakilan unit kerja terkait lainnya.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link