Terekam Video! Penampakan Ledakan Matahari

  • Share

[ad_1]

58901 matahari

cakrawalarafflesia – Pesawat luar angkasa Solar Orbiter yang khusus mempelajari Matahari berhasil merekam video pertama ledakan Matahari.

Misi gabungan cakrawalarafflesia Badan Antariksa Eropa (ESA) dan NASA yang diluncurkan pada Februari 2020 itu, melakukan pendekatan pertama ke Matahari pada 10 Februari 2021.

Dalam data yang dikirim kembali ke Bumi, para ahli melihat dua pelepasan massa koronal yang terjadi saat Matahari meledakkan gumpalan besar atmosfernya ke luar angkasa.

Ini adalah peristiwa pertama yang diamati oleh instrumen Solar Orbiter Heliospheric Imager (SoloHI), yang merekam aliran materi yang meledak dari Matahari.

Baca Juga:
Eropa Akan Ciptakan Mesin Penghasil Oksigen dari Tanah Bulan

Menurut NASA, instrumen itu hanya mengumpulkan data secara kebetulan saat SoloHI mengamati Matahari dengan satu dari empat detektornya.

Instrumen tersebut mampu menangkap fenomena yang sangat menakjubkan dari salah satu ledakan massa koronal pada 12 Februari dan 13 Februari lalu.

Masing-masing dari tiga instrumen di Solar Orbiter berfokus pada wilayah yang berbeda, sehingga fenomenanya terlihat membentang dari permukaan Matahari.

Tak hanya itu, tiga pesawat ruang angkasa lain juga mengamati peristiwa yang sama, yaitu STEREO-A NASA, Proba-2 ESA, dan misi gabungan Solar and Heliospheric Observatory (SOHO).

Dilansir dari Space.com, Rabu (19/5/2021), pengamatan ini memberikan informasi tentang Matahari dan sekitarnya yang sejauh ini sulit ditemukan oleh para ahli.

Baca Juga:
Tidak Bisa Instan, Deteksi Asteroid Berbahaya Harus Dilakukan 5 Tahun

Sama seperti cuaca antariksa lainnya, dampak aktivitas Matahari menjadi fokus para ilmuwan karena berpotensi merusak pesawat luar angkasa dan membahayakan astronot yang tidak terlindungi, terutama di luar orbit ISS.

cakrawalarafflesia



[ad_2]

Source link

  • Share