Gubernur Lemhanas: Soekarno Representasi Jiwa & Semangat Perjuangan Bangsa Indonesia : Okezone Nasional

  • Share

[ad_1]

JAKARTA – Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mendampingi Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di depan kantornya di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (20/5/2021). Peresmian ini dalam rangkaian HUT Lemhannas ke-56.

Agus berharap, keberadaan monumen ini dapat menginspirasi para tenaga pembina agar melanjutkan semangat dan gagasan Bung Karno.

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa monumen Soekarno sejatinya adalah representasi nilai semangat dan jiwa perjuangan bangsa Indonesia. Dengan meneladani semangat dan perjuangan Soekarno yang merupakan founding father bangsa kita,” kata dia.

Bagi Bung Karno, sambung Agus, berdirinya Lemhannas merupakan wujud dari konsepsinya untuk mencapai Indonesia yang sepenuhnya berdaulat, dan mampu meletakkan dasar-dasar pertahanan dan keamanan yang sesuai dengan geopolitik dan kultur Indonesia.

Agus menilai ketika Soekarno meresmikan Lemhannas ada pesan bahwa kegiatan pertahanan nasional harus menyertakan segenap unsur rakyat Indonesia.

“Di tempat yang bersejarah inilah, Presiden Pertama Indonesia Soekarno berhasil mendirikan suatu lembaga pendidikan tinggi pertahanan untuk membentuk dan mengembangkan tenaga-tenaga pembina baik sipil maupun militer, pada tingkat politik strategi pertahanan nasional,” tuturnya.

Baca juga: Lemhannas Sarankan Bentuk Otoritas Baru Bereskan Masalah Sawit

Agus turut menceritakan bagaimana Bung Karno menjelaskan arti kata nasional dalam Lembaga Pertahanan Nasional. Menurutnya, kata itu berarti pertahanan bagi seluruh Tanah Air.

“Kita punya pertahanan dan cara pertahanan sendiri. Susunlah pertahanan nasional bersendikan karakter bangsa,” jelas Agus mengutip pesan Soekarno.

Dia mengeaskan, sejak Lemhannas dibentuk Bung Karno tidak hanya menempatkan lembaga ini sebagai kawah candradimukanya calon pemimpin. Akan tetapi juga sebagai think tank atau wadah pemikir dengan landasan posisi strategis geopolitik Indonesia.

Baca juga: Lemhannas: Negara Dengan Ketahanan Nasional Kuat Lebih Siap Antisipasi Pandemi Covid-19

(fkh)

[ad_2]

Source link

  • Share