Megawati Sampaikan Terima Kasih Keluarga Besar atas Patung Bung Karno di Lemhannas

  • Share

[ad_1]

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri menyampaikan terima kasih dari keluarga besarnya yang mendalam atas diresmikannya Patung Bung Karno, di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta Pusat, Kamis (20/5/2021). 

Megawati yang merupakan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) hadir di acara peresmian itu bersama putrinya yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. 

Dari Lemhannas, Gubernur Lemhanas RI Agus Widjojo hadir memimpin jajarannya. 

“Kami Keluarga Besar Bung Karno mengucapkan beribu terima kasih atas dibuatnya patung Bung Karno, Presiden pertama Republik Indonesia, proklamator, pahlawan nasional,” ujar Megawati, selepas peresmian Patung Bung Karno di lokasi, Kamis (20/5/2021). 

Secara pribadi, Megawati mengaku sangat berharap ketika semua pihak melihat patung Bung Bung Karno, maka mengingatkan akan ajaran, dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia. 

Dia juga berharap patung tersebut mampu menginspirasi generasi penerus, untuk meneruskan usaha memajukan Indonesia. 

Dijelaskan Megawati, patung yang diresmikan itu mengacu pada patung Bung Karno di Museum Blitar. 

Patung Bung Karno di Lemhannas ini dibuat lebih besar dengan teknik karakter monumental oleh seniman dari Yogyakarta, bernama Dunadi. 

Ukuran patungnya mencapai 4 meter yang dibuat dengan bahan logam campuran, terdiri dari tembaga, kuningan, timah, dan seng sari, warna patung perunggu kimia bakar. Adapun berat patung itu kurang lebih dua ton. 

Megawati mengatakan, patung Bung Karno ini menunjukkan ikon bahwa Lemhannas merupakan lembaga pendidikan bagi para calon pemimpin bangsa. Sehingga diwujudkan dalam bentuk Presiden Soekarno sedang duduk membaca buku. 



[ad_2]

Source link

  • Share