Pasien Covid-19 Varian Baru Dirawat di Bangsal Khusus Selama 21 Hari : Okezone Nasional

  • Share

[ad_1]

TANGSEL – Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril mengatakan, perawatan pasien varian baru Covid-19 lebih lama dari yang biasa.

Jika pada pasien Covid-19 biasa, pasien dirawat tidak lebih dari 10 hari. Maka, pasien varian baru Covid-19 harus sampai 14 hari, bahkan hingga 21 hari. Mereka juga dipisah dari pasien biasa.

“Yang habis dari India ataupun yang habis bepergian dari negara-negara asal varian baru, memang kita membuat SOP baru,” kata Syahril, saat zoom meeting UNS Seri ke-58, Rabu (19/5/2021).

Baca juga:  Singapura Marahi Politikus India Penyebar Isu Varian Baru Covid-19 Muncul di Negeri Singa

Dalam SOP itu, pasien dari luar negeri, baik WNA maupun WNI, akan dirawat di bangsal khusus yang tidak akan bercampur dengan warga Indonesia lain.

“Kalau kita kan biasanya yang ringan itu 10 hari sudah bisa pulang kalau dia positif. Kalau ini lebih, jadi 14 hari kalau dia negatif dua kali, baru dibolehkan pulang apabila tidak ada gejala,” jelasnya.

Baca juga:  Waduh! Varian Baru Covid 19 Asal India Ditemukan di Jakarta, Satu Orang Positif

Bahkan, jika pada hari ke-14 pasien itu masih positif, masa perawatannya akan ditambah lagi selama 5 hari. Sehingga, totalnya bisa sampai 21 hari dirawat.

“Setelah 14 hari, apabila masih positif akan ditambah lagi 5 hari sampai hari ke 21 dan yang ada di Sulianti Saroso, itu memang ringan dan sedang dirawat semua sampai 14 dan 21 hari,” katanya.

Meski demikian, diakuinya, perawatan pasien Covid-19 biasa dengan yang varian baru tidak ada yang berbeda. Saat ini, masih belum ada SOP perawatan khusus untuk pasien varian baru.

Berdasarkan data pihaknya, varian baru Covid-19 yang masuk ke Indonesia sudah ada tiga yang terdeteksi. Terdiri dari varian Inggris B117, varian India B1617, dan varian Afrika Selatan.

Sebanyak 26 warga pun dilaporkan telah terpapar varian baru ini. Nahas, satu pasien varian baru Afrika Selatan dilaporkan telah meninggal dunia, di Bali.

[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link