Percepat Vaksinasi Gotong Royong, China Kirim 1 Juta Vaksin Sinopharm pada Juni : Okezone Economy

  • Share

[ad_1]

JAKARTA – PT Bio Farma (Persero) menyebut supply vaksin Covid-19 dari produsen Sinopharm, China, sebesar 1 juta dosis akan tiba di Indonesia pada Juni 2021. Vaksin ini akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong atau mandiri.

Sementara itu, 3,5 juta dosis vaksin Casino, hasil produksi CanSino Biologics ditargetkan tiba pada Juli-September tahun ini. Jumlah itu akan bertambah pada kuartal IV-2021 sebanyak 2 juta dosis. Secara agregat, kesepakatan pengadaan vaksin Covid-18 antara pemerintah dan CanSino Biologics sebanyak 50 juta dosis.

“Kita sudah melakukan agreement dengan CanSino bahwa vaksin yang akan kita berikan dari mereka adalah sebesar 50 juta dosis, dimana, jadwalnya 3,5 juta dosis akan dikirim dari Juli hingga September (2021) dan 2 jutanya dikirim pada Q-IV tahun ini,” ujar Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: Jokowi Akui Suplai Vaksin Gotong Royong Bermasalah

Dalam rapat kerja bersama komisi IX DPR, Honesti memaparkan, proses vaksinasi gotong royong sudah berjalan sejak 18 Mei 2021. Dalam pelaksanaannya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menetapkan vaksin CanSino dan Sinopharm hanya digunakan dalam vaksinasi mandiri tersebut.

Karena itu, Bio Farma menunjuk salah satu anggota Holding BUMN Farmasi, PT Kimia Farma (Persero) Tbk, sebagai pihak yang melakukan pendistribusian kedua jenis vaksin tersebut.

Adapun Kimia Farma telah melakukan kontrak kerja sama antara kedua produsen farmasi global itu. Untuk Sinopharm, total yang sudah dibanding sebesar 7,5 juta dosis. Jumlah ini akan dikirim hingga Agustus 2021.

“Dan juga masih ada 7,5 juta dosis lagi yang kita bisa lakukan eksekusi seandainya kita masih membutuhkan untuk vaksinasi gotong royong. Jadi kita sudah berkontak 7,5 juta dosis,” katanya.

Sampai saat ini sudah ada 199 korporasi yang terlibat dalam vaksinasi gotong royong. Jumlah itu terdiri dari 163.000 klaster perusahaan swasta dan 36 dari BUMN. Sedangkan, terkait dengan pendistribusian vaksin Sinopharm untuk vaksinasi gotong royong mencapai 69.730 dosis.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Riau Meningkat, Jokowi Perintahkan Menkes Kirimkan Vaksin Lebih Banyak

“Sudah kita berikan vaksinasi ke semua perusahaan yang terlibat dalam vaksinasi GT ini. Kami berharap pada tahap pertama ini 500.000 ini bisa kita laksanakan secepatnya sehingga di bulan Juni ini kita sudah bisa berikan kepada korporasi,” tutur dia.

[ad_2]

Source link

  • Share