Pertamina Bakal Perkuat Bisnis Marine dan Logistik

  • Share

[ad_1]

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati memastikan subholding shipping PT Pertamina International Shipping (PIS) ke depan tak hanya sebagai shipping company tapi juga dapat merambah ke bisnis marine logistic.

Hal itu disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Kamis (20/5/2021).

Menurutnya, fokus bisnis angkutan akan dilakukan melalui PIS, sementara fokus bisnis marine melalui PT Pertamina Trans Kontinental (PTK).

“PTK berfokus pada pengembangan bisnis port manajemen untuk 104 pelabuhan, sementara PIS berfokus pada pengembangan bisnis 95 kapal saat ini serta peremajaan kapal dan investasi pada kapal yang berteknologi ramah lingkungan,” terang Nicke.

Seperti diketahui, PT Pertamina International Shipping (PIS) secara resmi menjadi pemilik saham atas PT Pertamina Trans Kontinental (PTK). 

Baca juga: Sabet Penghargaan Bergengsi se-Asia, Pertamina Unjuk Gigi Soal Komitmen Keberlanjutan

Kolaborasi antar dua bisnis ini melahirkan pencapaian yang didapatkan oleh anak usaha PTK yaitu PT Peteka Karya Samudera (PKS) yang telah mendapatkan Izin Usaha Penanggulangan Pencemaran dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla).

Melihat pencapaian tersebut, Arief Sukmara, Corporate Secretary dari Pertamina International Shipping (PIS) mengatakan bahwa terintegrasinya bisnis PIS dan PTK turut memberikan dampak positif bagi lingkungan, tidak hanya pada sisi bisnis.

“Kami melihat hal ini sebagai awal yang baik untuk kedepannya dari kolaborasi dan koordinasi bersama. Dengan mengantongi izin dari Ditjen Hubla tersebut, pencapaian yang diterima PKS akan memberikan nilai tambah untuk PIS sebagai subholding shipping tentunya,” ujarnya.

Sementara PIS sebagai integrated marine logistics company tidak hanya mengelola bisnis perkapalan, namun termasuk juga pada skala logistik dan kepelabuhanan atau terminal. 

Baca juga: Kinerja Kilang Pertamina Internasional Lampaui Target di Kuartal I 2021

PIS juga akan melakukan investasi sarana dan peralatan penanggulangan pencemaran sesuai kebutuhan teknis serta melakukan pelatihan untuk mencetak SDM handal dan kompeten guna menunjang kegiatan tersebut.

“Dari sini kami akan selalu berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan kegiatan bisnis dengan SDM handal dan kompeten, sehingga dapat menjadi penyokong perjalanan PIS sebagai perusahaan integrated marine logistics co,” ujar Corporate Secretary PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) Frits Tommy H. Sibuea.



[ad_2]

Source link

  • Share
Auto Generate Link